Proses Pengambilan Keputusan
Proses pengambilan
keputusan adalah proses menentukan suatu jalan keluar dengan berkomunikasi
secara bersama-sama atau secara universal diartikan sebagai pemilihan diantara
berbagai alternatif mencakup pembuatan pemilihan maupun pemecahan masalah.
Keputusan terdiri dari :
- Keputusan Strategis, keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dari suatu organisasi.
- Keputusan Taktis, keputusan yang diambil oleh manajemen menengah.
- Keputusan Operasional, keputusan yang dibuat oleh manajemen bawah.
- Keputusan Strategis, keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dari suatu organisasi.
- Keputusan Taktis, keputusan yang diambil oleh manajemen menengah.
- Keputusan Operasional, keputusan yang dibuat oleh manajemen bawah.
Proses Pengambilan
Keputusan menurut para Ahli
♠ Menurut Herbert A Simon, proses pengambilan keputusan pada hakekatnnya terdiri atas tiga langkah utama, yaitu :
1. Kegiatan Intelejen
Menyangkut pencarian berbagai kondisi lingkungan yang diperlukan untuk mengambil keputusan
2. Kegiatan Desain
Menyangkut pembuatan pengembangan dan pengaanalisaan berbagai rangkaian kegiatan yang mungkin dilakukan.
3. Kegiatan Pemilihan
Menyangkut pemilihan serangkaian kegiatan tertentu dari berbagai alternative yang tersedia.
♠ Menurut Herbert A Simon, proses pengambilan keputusan pada hakekatnnya terdiri atas tiga langkah utama, yaitu :
1. Kegiatan Intelejen
Menyangkut pencarian berbagai kondisi lingkungan yang diperlukan untuk mengambil keputusan
2. Kegiatan Desain
Menyangkut pembuatan pengembangan dan pengaanalisaan berbagai rangkaian kegiatan yang mungkin dilakukan.
3. Kegiatan Pemilihan
Menyangkut pemilihan serangkaian kegiatan tertentu dari berbagai alternative yang tersedia.
♠ Menurut Scoot dan
Mitchell, proses pengambilan keputusan meliputi :
1. Proses pencarian tujuan
2. Formulasi tujuan
3. Pemilihan alternative
4. Mengevaluasi hasil
1. Proses pencarian tujuan
2. Formulasi tujuan
3. Pemilihan alternative
4. Mengevaluasi hasil
♠ Menurut Elbing ada
lima langkah dalam proses pegmbilan keputusan. Anatara lain :
1. Indentifikasi masalah
2. Pengumpulan dan analisis data yang relevan
3. Pengembangan dan evaluasi berbagai kemungkinan alternative
4. Pemilihan alternative terbaik
5. Implementasi keputusan dan evaluasi hasil
1. Indentifikasi masalah
2. Pengumpulan dan analisis data yang relevan
3. Pengembangan dan evaluasi berbagai kemungkinan alternative
4. Pemilihan alternative terbaik
5. Implementasi keputusan dan evaluasi hasil
Teknik-teknik
Penambilan Keputusan
a. Teknik Kreatif
- Brainstroming, berusaha menggali dan mendapat kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan kesempatan para anggota untuk melontarkan idenya.
- Synectics, didasarkan pada asumsi bahwa poses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan untuk meningkatkan keluaran yang kreatif
b. Teknik Parsipatif
Individu atau kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.
c. Teknik Modern
- Teknik Delphi
- Teknik Kelompok Nominal
a. Teknik Kreatif
- Brainstroming, berusaha menggali dan mendapat kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan kesempatan para anggota untuk melontarkan idenya.
- Synectics, didasarkan pada asumsi bahwa poses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan untuk meningkatkan keluaran yang kreatif
b. Teknik Parsipatif
Individu atau kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.
c. Teknik Modern
- Teknik Delphi
- Teknik Kelompok Nominal
Proses Mempengaruhi dalam Organisasi
Segala sesuatu
memerlukan proses, termasuk proses untuk mencapai tujuan pribadi maupun
kelompok dalam organisasi. Dalam mencapai tujuan organisasi baik pemimpin
maupun anggota memiliki tanggung jawab masing-masing. Pemimpin dan anggota
berhubungan timbal balik dan kinerjanya akan saling mempengaruhi dalam mencapai
tujuan organisasi. Pengaruh adalah kegiatan yang secara langsung atau tidak
langsung
mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok. Elemen proses mempengaruhi ada 3 yaitu
mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok. Elemen proses mempengaruhi ada 3 yaitu
a. Orang yang
mempengaruhi
b. Metode yang
mempengaruhi
c. Orang yang
dipegaruhi
Memang dalam organisasi
tugas pemimpin adalah mempengaruhi anggota yang dipimpinnya tersebut agar
bertindak baik untuk mencapai visi dan misi dalam organisasi. Tetapi perilaku
anggota organisasi juga dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan dari pemimpin.
Proses saling mempengaruhi memiliki metode yang diantaranya adalah sebagai
berikut:
Kekuatan fisik, metode
ini dilakukan menggunakan fisik, seperti menggunakan tangan dalam mempengaruhi
individu maupun kelompok (berhubungan dengan kekerasan).
Penggunaan sanksi,
metode ini dilakukan dengan memberikan sanksi kepada individu maupun kelompok,
sanksi yang diberikan berupa sanksi positif maupun negatif.
Keahlian, metode ini
dilakukan dengan keahlian, seseorang yang mempengaruhi mempunyai keahlian dalam
mempengaruhi individu maupun kelompok.
Kharisma (daya tarik),
pada metode ini seseorang yang dipengaruhi akan tertarik kepada orang yang
mempengaruhi, karena orang tersebut memiliki kharisma tanpa harus menggunakan
kekuatan fisik, sanksi maupun keahlian.
Pengaruh dapat terjadi
antar perorangan artinya seseorang mempengaruhi seseorang yang lainnya,
kelompok dengan seseorang dan seseorang dengan kelompok.
Hubungan antara
kekuasaan dan pengaruh diantaranya dikemukakan oleh Analisis French-Raven
intinya adalah sebagai berikut:
Mereka mendifiniskan
kekuasaan berdasarkan pada pengaruh, dan pengaruh berdasarkan pada perubahan
psikologis. Pengaruh adalah pengendalian yang dilakukan oleh seseorang dalam
organisasi (masyarakat) terhadap orang lain. Konsep penting atas gagasan ini
adalah bahwa kekuasaan merupakan pengaruh laten (terpendam) sedangkan pengaruh
merupakan kekuasaan dalam kenyataan (yang direalisasikan).
Sumber :
Komentar
Posting Komentar