Adzan Sebagai Pesan Bagi Yang Hidup Dan Mati

Adzan dan Iqomat; Antara yang Hidup dan yang Mati 

 



















LIMA kali setiap harinya, dari tiap masjid dan mushola dikumandangkan adzan oleh seorang muazzin. Susul menyusul, sahut-menyahut bergantian dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Selesai di negeri yang satu, berpindah ke negeri yang lain, berputar terus selama matahari terbit dan terbenam.
Ya, percakapan Dul dan Somad berikut ini adalah soal bagaimana kita memenuhi panggilan Sang Maha Pencipta melalui seruan kepada umat muslim meninggalkan segala macam aktifitas yang bersifat duniawi.
Dul:”Mad, kenapa orang yang mau dimasukin ke liang lahat di adzan-in sama diqomat-in Mad, emang ntu mayat denger apa?
Somad:”Ane ndak tahu mayat ntu dengar apa ndak Dul, ane kan belum pernah mati Dul; cobain ente mati dulu, nanti ane yang adzan sama qomat, nanti dari kuburan ente dengar ndak, habis ntu nt lapor ke ana hasilnya..”
Dul:”Somaaad, ane serius nih, masak ada orang mati balik lagi becanda ente Mad..”
Somad:”Dul, yang ane tahu adzan dan qomat dikuburan ntu bukan untuk mayat saja tapi buat yang nganternya, yang masih hidup Dul…”
Dul:”Maksud ente gimana Mad, kan biasanya adzan dan qomat ntu dikumandangkan pas mayit mau dimasukin ke liang lahat, kok malah buat yang nganternya?
Somad:”Itulah hebatnya orang tua kita dulu Dul, mereka memberikan nasehat dengan cara yang santun dan bijak, bukan dengan cara-cara yang menyinggung dan menyakiti orang lain..”
Dul:”Maksud ente gimana Mad..?”
Somad:”Coba ente perhatikan Dul, ketika adzan dikumandangkan diliang lahat; apakah simayit menjawab atau menyahut? Apakah ketika qomat dikumandangkan simayit bergegas untuk shalat?”
Dul:”Somaaad mana ada mayit nyahut adzan dan nyamperin orang qomat Mad!
Somad:”Itulah pesan yang ingin disampaikan oleh orang tua kita dulu Dul, seolah mereka mengatakan: ‘sedulur-dulur kabeh, barang siapa yang tidak memenuhi panggilan adzan dan diam saja ketika qomat dikumandangkan itu sama halnya seperti orang mati, seperti mayit ini…” maka barang siapa yang ikut nganter mayit ini yang jasadnya masih hidup tapi tidak memenuhi panggilan adzan untuk shalat, maka sama halnya dengan orang mati!
Dul:”Waduuuh dalem banget Mad pesannya..”
Somad:”Dalam banget, tapi tetap santun tidak menyinggung atau menyakiti orang yang dinasehati dan itulah dakwah yang sebenarnya, dakwah yang dengan cara menyentuh, bukan menyinggung, ikannya dapat, airnya tetap jernih Dul..”
Dul:”Iya ya Mad, seandainya dakwah bisa dilakukan dengan cara yang santun seperti ntu, ukhuwah kita tidak rusak hanya karena persinggungan dan perbedaan bahasa yg digunakan ya Mad..”
Somad:”Sekarang ente ndak penasaran lagi kenapa mayit ntu diadzanin sm di qomatin Dul…”
Dul:”Atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa, dan atas kebijakan sahabatku Somad ane sekarang mengerti Mad, he he….”
Somad:”Dul..Dul..”


Source : http://www.islampos.com/adzan-dan-iqomat-antara-yang-hidup-dan-yang-mati-152153/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logika dan Rumus Matematika Latex

L1 Hukum Kirchoff

Seorang Dokter dan Pasien Rumah Sakit Jiwa