Peran komunikasi dalam organisasi
Peran Komunikasi Dalam Organisasi
1. ARTI PENTING KOMUNIKASI
Komunikasi adalah suatu proses atau
kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai
tujuan tertentu. Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia. Kehidupan manusia
akan tampak hampa apabila tidak ada komunikasi. Karena tanpa komunikasi,
interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi
tidak mungkin dapat terjadi. Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila
masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi dilakukan manusia baik
secara perorangan, kelompok, atau organisasi.
Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa menghindar dari tindakan
komunikasi menyampaikan dan menerima pesan dari dan ke orang lain. Tindakan
komunikasi ini terus menerus terjadi selama proses kehidupannya. Prosesnya
berlangsung dalam berbagai konteks baik fisik, psikologis, maupun sosial,
karena proses komunikasi tidak terjadi pada sebuah ruang kosong. Pelaku proses
komunikasi adalah manusia yang selalu bergerak dinamis. Komunikasi menjadi
penting karena fungsi yang bisa dirasakan oleh pelaku komunikasi tersebut.
Melalui komunikasi seseorang menyampaikan apa yang ada dalam benak pikirannya
dan perasaan hati nuraninya kepada orang lain baik secara langsung maupun tidak
langsung. Melalui komunikasi seseorang dapat membuat dirinya tidak merasa
terasing atau terisolasi dari lingkungan di sekitarnya.
2.
Jenis-jenis dan proses komunikasi
Jenis Komunikasi
Untuk mengetahui komunikasi antara pimpinan perusahaan dengan
karyawan komunikasi dibedakan menjadi tiga menurut jenisnya: (Soejono Trimo,
Analisis Kepemimpinan Angkasa Bandung. 1986)
a. Downward Communication
Koordinasi melalui rencana yang telah dibuat (by plan) yang dapat dikatakan
koordinasi itu mencapai bentuk komunikasi yang akhirnya berjalan kebawah.
Komunikasi ini bersifat satu arah dari pemimpin kepada bawahanya. Informasi
yang disampaikan meliputi antara lain, kebijaksanaan pemimpin, peraturan,
ketentuan yang harus diikuti oleh pekerja. jadwal kegiatan atau program dan
alokasi sumber-sumber.
Makin jelas atau pasti suatu kegiatan atau pekerjaan makin
kurang bimbingan atau pemrosesaninformasi yang diperlukan, sehingga pemimpin
cukup mengkoordinasikan pekerjaan bawahan melalui rencanakerja yang telah
disiapkan.
b. Upward Communication
Koordinasi melalui umpan balik (feed back), berarti komunikasi teratur keatas, dari bawahan kepimpinan terutama dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat teknis, pemimpin atau manajer sangat memerlukan input informasi yang berupa laporan, saran dari bawahan untuk dapat mengkoordinasikan seluruh kegiatan itu.
Koordinasi melalui umpan balik (feed back), berarti komunikasi teratur keatas, dari bawahan kepimpinan terutama dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat teknis, pemimpin atau manajer sangat memerlukan input informasi yang berupa laporan, saran dari bawahan untuk dapat mengkoordinasikan seluruh kegiatan itu.
c. Komunikasi Horizontal atau Diagonal
Koordinasi melalui interaksi lateral sebenarnya merupakan satu alur komunikasi atau informasi yang sifatnya horizontal atau diagonal antar departemen/unit-unit dalam organisasi.
Koordinasi melalui interaksi lateral sebenarnya merupakan satu alur komunikasi atau informasi yang sifatnya horizontal atau diagonal antar departemen/unit-unit dalam organisasi.
Informasi dipakai pemimpin bilamana karakteristik tugas atau
pekerjaan itu mengandung derajat ketidak pastian yang tinggi.
Dalam kondisi tugas atau pekerjaan semacam ini pemimpin atau
bawahan amat membutuhkan pemrosesan informasi yang tinggi berkaitan enggan
tugas atau pekerjaan yang dilaksanakan, masukan-masukan tidak hanya dari
kelompok atau unit kerjanya sendiri, akan tetapi memerlukan pula informasi dari
unit-unit kerja lain dalam organisasi itu.
Proses Komunikasi
Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan
kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara
komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk
menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada
umumnya). Proses komunikasi termasuk juga suatu proses penyampaian informasi
dari satu pihak ke pihak lain dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok,
organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung
dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi berasal dari bahasa latin communis
yang berarti sama. Communico, communicatio atau communicare yang berarti
membuat sama. Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan
antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.
Pada umumnya komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang
dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang
dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan
menggunakan gerak-gerik badan, dan menunjukkan sikap tertentu seperti
tersenyum, mengangkat bahu dan sebagainya. Komunikasi ini disebut komunikasi
nonverbal. Proses komunikasi bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang
efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi dapat
terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk
mewujudkan motif komunikasi. Melalui komunikasi sikap dan perasaan seseorang
atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.
a. komunikator
Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi.Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan.Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan publik yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi.Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan.Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan publik yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.
b. Pesan
adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain.Pesan menjadi inti dari setiap proses komunikasi yang terjalin pesan terbagi menjadi dua, yakni pesan verbal dan non-verbal. Pesan verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya menggunakan kata-kata, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan apa yang didengarnya.Sedangkan, pesan non-verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya tidak menggunakan kata-kata secara langsung, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan gerak-gerik, tingkah laku, mimik wajah, atau ekspresi muka pengirim pesan.Pada pesan non-verbal mengandalkan indera penglihatan sebagai penangkap stimuli yang timbul.
adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain.Pesan menjadi inti dari setiap proses komunikasi yang terjalin pesan terbagi menjadi dua, yakni pesan verbal dan non-verbal. Pesan verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya menggunakan kata-kata, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan apa yang didengarnya.Sedangkan, pesan non-verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya tidak menggunakan kata-kata secara langsung, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan gerak-gerik, tingkah laku, mimik wajah, atau ekspresi muka pengirim pesan.Pada pesan non-verbal mengandalkan indera penglihatan sebagai penangkap stimuli yang timbul.
c. Penerima
adalah pihak yang memperoleh pesan atau stimulus yang dikirmkan oleh sumber. Stimulus yang diterima tersebut dapat terdiri dari beraneka ragam bentuk, seperti kata-kata, tulisan, gerak-gerik, mimik muka, ekspresi wajah, sentuhan, aroma, serta perbuatan atau tingkah laku lawan bicara.Selanjutnya, peran penerima adalah mencerna dan menanggapi stimulus tersebut dengan mendengar, melihat, membau, atau merasakan.Secara garis besar, penerima dapat terbagi menjadi penerima aktif dan penerima pasif.Penerima pasif adalah orang yang hanya menerima stimulus yang datang kepadanya, tanpa memberikan tanggapan serta umpan balik (feedback).Sedangkan, penerima aktif adalah orang yang tidak saja menerima stimulus yang datang kepadanya, tetapi juga memberikan tanggapan atau feedback secara aktif (berkelanjutan) kepada pengirim.
adalah pihak yang memperoleh pesan atau stimulus yang dikirmkan oleh sumber. Stimulus yang diterima tersebut dapat terdiri dari beraneka ragam bentuk, seperti kata-kata, tulisan, gerak-gerik, mimik muka, ekspresi wajah, sentuhan, aroma, serta perbuatan atau tingkah laku lawan bicara.Selanjutnya, peran penerima adalah mencerna dan menanggapi stimulus tersebut dengan mendengar, melihat, membau, atau merasakan.Secara garis besar, penerima dapat terbagi menjadi penerima aktif dan penerima pasif.Penerima pasif adalah orang yang hanya menerima stimulus yang datang kepadanya, tanpa memberikan tanggapan serta umpan balik (feedback).Sedangkan, penerima aktif adalah orang yang tidak saja menerima stimulus yang datang kepadanya, tetapi juga memberikan tanggapan atau feedback secara aktif (berkelanjutan) kepada pengirim.
d. Feedback
Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak
Balikan yang diberikan oleh orang lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikan informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkan kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.
Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak
Balikan yang diberikan oleh orang lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikan informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkan kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.
3. Contoh kasus komunikasi dan solusinya
Kru British Airways Mogok 3 Hari, 1.100
Penerbangan Akan Dibatalkan
London – Maskapai penerbangan Inggris, British
Airways (BA) dilanda aksi mogok kerja para krunya. Ribuan kru kabin BA hari ini
memulai aksi mogok yang akan berlangsung tiga hari.
Mogok tersebut dilakukan untuk memprotes
rencana pengurangan ongkos operasional BA yang akan berdampak pada gaji
pekerja.
Sebelumnya BA berencana menghemat belanja
sebanyak 62,5 juta poundsterling untuk mengatasi dampak negatif yang muncul
karena menurunnya penumpang, fluktuasi harga bahan bakar dan persaingan dengan
maskapai lainnya.
Lebih dari 1.000 penerbangan BA bakal
mengalami pembatalan selama tiga hari pemogokan tersebut. Mogok kerja ini
dilakukan setelah negosiasi antara pimpinan serikat dagang terbesar Inggris,
Unite, Tony Woodley dengan kepala eksekutif BA Willie Walsh menemui jalan
buntu.
“Dengan kekecewaan besar saya harus katakan
bahwa semua negosiasi telah gagal,” kata Woodley kepada wartawan seperti
dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/3/2010).
“Perusahaan ini (BA) tidak ingin bernegosiasi,
perusahaan ini hanya ingin berperang dengan anggota-anggota saya,” imbuh
Woodley.
Total 1.100 penerbangan BA dari sekitar 1.950
penerbangan yang dijadwalkan selama aksi mogok ini akan dibatalkan.
BA bertekad untuk tetap menerbangkan
setidaknya 60 persen penumpang dengan mengandalkan para staf yang tidak ikut
mogok. BA juga akan menggunakan 22 pesawat dengan pilot dan kru dari delapan
maskapai Eropa lainnya. (sumber: detik.com)
Permasalahan atau konflik yang terjadi antara
karyawan atau karyawan dengan atasan yang terjadi karena masalah komunikasi
harus di antisipasi dengan baik dan dengan system yang terstruktur. Karena jika
masalah komunikasi antara atasan dan bawahan terjadi bias-bisa terjadi hal-hal
yang tidak diinginkan, misalnya mogok kerja, bahkan demo.
Sehingga untuk mensiasati masalah ini bisa
dilakukan dengan berbagai cara.
1.
Membentuk suatu system informasi yang
terstruktur, agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi. Misalnya, dengan
membuat papan pengumungan atau pengumuman melalui loudspeaker.
2.
Buat komunikasi dua arah antara atasan
dan bawahan menjadi lancer dan harmonis, misalnya dengan membuat rapat rutin,
karena dengan komunikasi yang dua arah dan intens akan mengurangi masalah di
lapangan
3.
Beri pelatihan dalam hal komunikasi
kepada atasan dan karyawan, pelatihan akan memberikan pengetahuan dan ilmu baru
bagi setiap individu dalam organisasi dan meminimalkan masalah dalam hal
komunikasi
Biasanya masalah timbul karena lingkungan yang
kurang kondusif di suatu perusahaan. Misalnya, kondisi cahaya yang kurang, atau
sirkulasi yang kurang baik, dan temperature ruangan yang tinggi sangat mungkin
untuk meningkatkan emosi seseorang, jadi kondisi dari lingkungan juga harus di
perhatikan
Konflik dalam perusahaan juga sering terjadi
antar karyawan, hal ini biasanya terjadi karena masalah diluar perusahaan,
misalnya tersinggung karena ejekan, masalah ide yang dicuri, dan senioritas.
Perusahaan yang baik harus bisa menghilangkan masalah senioritas dalam
perusahaan. Hal ini dapat meminimalisir masalah yang akan timbul, kerena dengan
suasanya yang harmonis dan akrab maka masalah akan sulit untuk muncul.
Sumber
: http://sofiaribowo.wordpress.com/2013/06/22/pengertian-jenis-dan-proses-komunikasi/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/kasus-kasus-yang-terjadi-dalam-organisasi-8/
kerjasama
tim dalam kelompok
arti
dan karateristik kelompok
Pengertian dan
Karakteristik Kelompok
1. Pengertian Kelompok
Kelompok dapat diartikan sejumlah orang
yg terlibat dalam interaksi pada suatu pertemuan tatap muka, di mana setiap
anggota mendapat kesan yg jelas, sehingga seseorang baik di saat timbul
pertanyaan maupun sesudahnya dpt memberikan tanggapan kepada yang lainnya.
Menurut ADLER & RODMAN, Kelompok adalah sekumpulan
kecil orang yg saling berinteraksi, biasanya tatap muka dlm waktu yg lama guna
mencapai tujuan tertentu. Ada 4 elemen kelompok yaitu: interaksi,
waktu, ukuran, tujuan.
2. Karakteristik Kelompok
Karakteristik
Kelompok (Sorsyth, 1979), yaitu:
1.
Interaksi → Fisik, verbal, nonverbal, emosional
2.
Struktur → Pola hubungan yang stabil diantara anggota
-
Role yang telah diharapkan dan seseorang yang telah menduduki
-
Norma : Aturan yang mengidentifikasi atau mendeskripsikan perilaku yang tepat
-
Relasi antar anggota
3.
Tujuan
-
Intrinsik
-
Ekstrinsik (tujuan bersama):
a.
Faktor pemersatu paling kuat (ex: olah raga)
b.
Memotivasi perilaku tertentu sehingga tujuan tercapai
4.
Groupness → entitavity (kesatuan) : Tingkat dimana kesatuan kekuatan
tunggal
menyatu
5.
Ketergantungan Dinamis
3. Tahapan Pembentukan Kelompok
Tahap-tahap
Pembentukan Kelompok
Model
pembentukan suatu kelompok pertama kali diajukan oleh Bruce Tackman pada
1965.
Teori ini dikenal sebagai salah satu teori pembentukan kelompok yang terbaik
dan
menghasilkan banyak ide-ide lain setelah konsep ini dicetuskan.
Teori
ini memfokuskan pada cara suatu kelompok menghadapi suatu tugas mulai dari
awal
pembentukan kelompok hingga proyek selesai.
Selanjutnya
Tuckman menambahkan tahap kelima yaitu adjourning dan transforming
untuk
melengkapi teori ini.
Tahap
1 – Forming
Pada
tahap ini, kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok
cenderung
untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun mereka
belum
saling mengenal dan belum bisa saling percaya. Waktu banyak dihabiskan untuk
merencanakan,
mengumpulkan infomasi dan mendekatkan diri satu sama lain.
Tahap
2 – Storming
Pada
tahap ini kelompok mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas
yang
mereka hadapi. Mereka membahas isu-isu semacam masalah apa yang harus
merka
selesaikan, bagaimana fungsi mereka masing-masing dan model kepemimpinan
seperti
apa yang dapat mereka terima. Anggota kelompok saling terbuka dan
mengkonfrontasikan
ide-ide dan perspektif mereka masing-masing.
Pada
beberapa kasus, tahap storming cepat selesai. Namun ada pula beberapa
kelompok
yang mandek pada tahap ini.
Tahap
storming sangatlah penting untuk perkembangan suatu kelompok. Tahap ini bisa
saja
menyakitkan bagi anggota kelompok yang menghindari konflik. Anggota kelompok
harus
memiliki toleransi terhadap perbedaan yang ada.
Tahap
3 – Norming
Terdapat
kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok. Peranan dan tanggung
jawab
telah jelas. Kelompok mulai menemukan haromoni seiring dengan kesepakatan
yang
mereka buat mengenai aturan-aturan dan nilai-nilai yang digunakan.
Pada
tahap ini, anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain seiring
dengan
mereka melihat kontribusi penting masing-masing anggota untuk kelmpok.
Tahap
4 – Performing
Kelompok
pada tahap ini dapat berfungsi dalam menyelesaikan pekerjaan dengan
lancar
dan efektif tanpa ada konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota
kelompok
saling tergantung satu sama lainnya dan mereka saling respek dalam
berkomunikasi.
Supervisor
dari kelompok ini bersifat partisipatif. Keputusan penting justru banyak
diambil
oleh kelompok.
Tahap
5 – Adjourning dan Transforming
Ini
adalah tahap yang terakhir dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan
diri.
Kelompok bisa saja kembali pada tahap manapun ketika mereka mengalami
perubahan
(transforming). Misalnya jika ada review mengenai goal ataupun ada
perubahan
anggota kelompok.
Keunggulan
dari teori ini adalah menjadi suatu pedoman dalam pembentukan suatu
Contoh
kerjasama dalam organisasi
4.
Koperasi
Koperasi adalah asosiasi orang-orang yang bergabung dan melakukan usaha bersama atas dasar prinsip-prinsip Koperasi, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya yang rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara demokratis oleh anggotanya. Koperasi bertujuan untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibandingkan sebelum bergabung dengan Koperasi.
Koperasi adalah asosiasi orang-orang yang bergabung dan melakukan usaha bersama atas dasar prinsip-prinsip Koperasi, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya yang rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara demokratis oleh anggotanya. Koperasi bertujuan untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibandingkan sebelum bergabung dengan Koperasi.
Tipe Organisasi Fungsional
KELEBIHAN
1. Profesionalisme atau keahlian yang lebih
Karena setiap management hanya menangani satu
bidang saja, sehingga memunculkan orang-orang yang kompeten dibidangya masing-masing.
hal ini menjadi salah satu faktor bagaimana masing-masing divisi berjalan
sesuai dengan program yang telah direncanakan.
2. Perusahaan Lebih Produktif
Dengan struktur kerja yang baik menyebabkan
para pekerja bekerja dengan giat guna mencapai hasil yang baik.
3. Memunculkan Inovasi
Bagitu banyak orang-orang yang kompeten
dibidang masing-masing, menimbulkan kreativitas, ide-ide serta inovasi sehingga
perusahan tidak berjalan ditempat dan varietas kerja pun makin beragam.
4. Perusahaan lebih Berkembang dan maju
Dengan banyaknya inovasi yang muncul maka
perusahaan pun akan cepat berkembang dengan mengatur setiap tujuan-tujuan yang
diharapkan dapat memajukan perusahaan.
KELEMAHAN
1. Karena banyak orang yang ahli dan
kompeten dibidangnya maka muncul konflik-konflik baik secara vertikal maupun
horizontal, Tidak jarang terjadi gesekan-gesekan opini dan ide
dimasing-masing bidang yang dapat menganggu stabilitas perusahaan.
2. Sulit mengontrol perusahaan karena
banyaknya bidang, divisi, serta ilmuwan-ilmuwan di masing-masing bidang.
sehingga harus merekrut dewan pengawas ditiap bidang.
3. Penympangan-penympangan menjadi sulit
terlacak dan lebih sering terjadi yang dapat merugikan perusahaan. banyaknya
bidang yang harus dicontrol menyebabkan lemahnya pengawasan.
4. muncul persaingan yang tidak sehat karena
masing-masing individu merasa ahli dan berperan dalam perusahaan.
Sumber
: http://subekti13.wordpress.com/2013/04/23/pengertian-dan-karakteristik-kelompok/
http://rifqitkj.blogspot.com/2013/11/macam-macam-organisasi-kerja-sama.html
http://hellmie.wordpress.com/2009/12/29/kelebihan-dan-kelemahan-struktur-organisasi-fungsional/
Komentar
Posting Komentar